Perkebunan Kurma Tropis yang Perlu Anda Coba

By | April 1, 2018

buah-kurma-muda-kaya-manfaatMengenal sedikit sejarah tanaman kurma, sebenarnya pohon kurma tropis sudah tumbuh sejak jaman nabi dahulu. Dan pohon ini dapat hidup di daerah gurun, sampai sekarang dapat dikembangkan di daerah tropis karena kemajuan dari teknologi pertanian.

Sebenarnya pohon kurma sudah lama dikenal dapat hidup dan tumbuh di daerah tropis, namun belum ada yang pernah bisa sampai menghasilkan buah untuk dapat dikonsumsi apabila ditanam di Indonesia. Sampai ditemukannya varietas baru KL-1 yang sangat cocok untuk ditanam dan menghasilkan buah yang sangat banyak di Indonesia.

Varietas ini dijuluki varietas kurma tropis Thailand, karena memang asalnya dari Thailand dan ditemukan oleh ahli pertanian yang menekuni tanaman kurma.

Berbagai manfaat buah kurma gurun maupun kurma tropis bagi kesehatan, yaitu mengatasi sembelit, menjaga kesehatan tulang, mencegah dan mengobati anemia, mampu meningkatkan energi dan dapat dijadikan sebagai pengganti karbohidrat.

Karena manfaat tersebut, orang mulai menginginkan budidaya kurma di pekarangan maupun dalam skala luas di perkebunan. PT Kampung Kurma salah satunya yang menyediakan projek perkebunan kurma dan kavling kampung kurma bagi anda yang berminat untuk menjadi investor.

Kavling yang dimiliki seluas 400 – 500 m2, yang dapat anda tanami pohon kurma. Penanaman, dan perawatan pohon kurma yang tidak terlalu sulit, membuat keuntungan yang diperoleh akan semakin banyak.

Tanaman supaya dapat tumbuh dengan optimal harus memenuhi kebutuhan dan syarat tumbuhnya. Pohon kurma tropis bisa tumbuh optimal di daerah yang memiliki ketinggian 50 mdpl dengan curah hujan 1500 mm per tahun. Suhu optimal untuk tumbuh 32-350C.

Penanaman dapat dilakukan di lahan, dengan membuat lubang tanam ukuran 50X50X50 cm, tanah galian dicampurkan dengan pupuk kandang untuk menyediakan nutrisi, kemudian masukan bibit kurma tropis, tutup lubang tanam dengan tanah campuran dan disiram dengan air secukupnya. Pemupukan dilakukan secara rutin dengan pupuk 3 bulan sekali sesuai perkembanganya.

Budidaya kurma tropis di Indonesia memang sudah sedikit tertinggal dari negara tropis tetangga, namun jika memiliki tekad dan dukungan dari berbagai pihak budidaya tanaman ini akan membawa kebaikan.

Dengan mudahnya pemanfaatan lahan yang ada, penanamannya, dan cara memperoleh bibit yang berkualitas. Dapat dijadikan alasan sebagai pemacu untuk membuat perkebunan kurma.