Pentingnya Melaksanakan Aqiqah Anak

 Pentingnya Melaksanakan Aqiqah Anak

Aqiqah secara bahasa artinya adalah memotong, yang maksudnya adalah dipotongnya leher binatang dengan penyembelihan. Sebagai seorang muslim, selayaknya orang tua melaksanakan aqiqah untuk menyambut kelahiran putra / putrinya.

Zaman yang semakin modern pun mendukung pelaksanakan aqiqah anak untuk memudahkan dalam acaranya. Salah satunya adalah jasa paket aqiqah Jakarta Selatan untuk anak yang siap melayani ayah dan bunda untuk menyukseskan acara aqiqah buah hati tercinta.

Dengan adanya jasa aqiqah anak di Jakarta, ayah dan bunda tidak perlu khawatir lagi akan persiapan aqiqah yang tidak terselesaikan dengan baik. Adanya jasa catering aqiqah, tentu sangat membantu ayah dan bunda dalam memenuhi segala perlengkapan apa saja yang dibutuhkan tanpa perlu kelimpungan kesana kemari.

Akan tetapi, ayah dan bunda tahu tidak, sebenarnya apa sih pentingnya aqiqah?

Aqiqah sebagai ajaran yang dicontohkan oleh Rasulullah tentu sangat patut dan penting untuk kita teladani. Karena dengan melaksanakan aqiqah, ayah dan bunda akan memperoleh beberapa keutamaan. Berikut penjelasannya.

  1. Mendapatkan pahala karena melaksanakan sunnah Rasulullah

Rasulullah menyunahkan pelaksanaan aqiqah anak pada hari ke- 7 kelahiran bayi. Bahkan, beliau menghukuminya sebagai sunnah muakkad, yang artinya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Oleh karena itu, bagi ayah dan bunda yang mampu melaksanakan, sebaiknya dilaksanakan ya.

Oleh karena itu, melaksanakan aqiqah anak berarti telah melaksanakan sunnah Rasulullah. Selain mendapatkan pahala, hal itu juga sebagai wujud kecintaan terhadap Islam dan terhadap Rasulullah sebagai penyampai syariat Islam.

  1. Membuang kotoran

Salah satu syariat pelaksanaan aqiqah adalah memotong rambut bayi dan memberikan minyak wangi pada kepalanya. Tujuan dari pemotongan rambut ini tidak lain adalah untuk membuang kotoran. Hal itu disampaikan pada hadist Rasulullah yang berbunyi, “Tiap-tiap anak itu ada ‘aqiqahnya. Maka sembelihlah binatang ‘aqiqah untuknya dan buanglah kotoran darinya (cukurlah rambutnya)”. (HR. Bukhari juz 6, hal. 217).

  1. Mendapatkan keutamaan sedekah dan memperkenalkan nama anak

Dengan membagikan daging sembelihan kepada warga dan kerabat, tentu ayah dan bunda akan memperoleh keutamaan sedekah. Selain itu, juga meningkatkan jiwa sosial dan menjaga silaturahim dengan saudara yang lain. Biasanya paket pembagian daging / makanan disertakan dengan kartu aqiqah yang berisikan nama anak yang diaqiqahi, sehingga dari aqiqah juga bermaksud memperkenalkan nama anak ayah dan bunda.

Itulah 3 keutamaan melaksanakan aqiqah anak yang diperoleh. Selain itu, juga masih banyak keutamaan lain yang diperoleh dari pelaksanaan aqiqah. Jika ayah dan bunda sedang menunggu hari kelahiran buah hati, segera hubungi jasa aqiqah anak Jakarta untuk membantu persiapan aqiqah dari sekarang ya.