Mengenal Baja Ringan Beserta Komponen Yang Membersamainya

Mengenal Baja Ringan Beserta Komponen Yang Membersamainya

Atap baja ringan atau disebut juga atap baja ringan Bogor kini menjadi material yang cukup populer di era modern seperti sekarang. Bagaimana tidak, baja ringan menjadi material komplit dan paling sempurna dengan memberi beberapa kelebihan saat digunakan. Sebut saja ramah lingkungan, harganya sesuai kantong, mudah pemasangan, hingga mudah dalam perawatannya.

Berbagai kelebihan tersebut berhasil membuat banyak orang beralih ke material satu ini untuk pembuatan rumahnya. Namun, sebelum memilih dan memasang baja ringan pada material rumah, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian yang digunakan untuk pemasangan baja ringan.

Komponen Lengkap Baja Ringan

Agar lebih memahami penggunaan baja ringan maka Anda harus mengetahui apa saja komponen yang perlu dipersiapkan, berikut ulasannya.

  1. Coal Atau Lembar Baja

Bagian pertama baja ringan adalah lembar baja. Lembaran ini berbentuk seperti gulungan baja panjang atau continue yang dilapisi bagian permukaannya dengan cat. Semua baja ringan awalnya berasal dari lembaran baja yang kemudian digulung sesuai dengan kebutuhan.

  1. Panel

Panel merupakan baja ringan yang telah dipotong sesuai dengan kebutuhan. Bentuknya seperti profil atau struktur sesuai dengan desain rumah idaman. Panel ini siap dipasang dan disatukan untuk membentuk atap baja ringan.

  1. Seam

Seam merupakan tempat melekatnya baja ringan terhubung dan menyatu. Bagian ini terbuat dari rollformer dan dilebur bersama-sama dengan mekanis.

  1. Profil

Profil merupakan bagian baja ringan yang dibentuk dan terhubung bersama. Bagian ini sangat menentukan tingkat keberhasilan instalasi baja ringan.

  1. Rollforming Equipment

Bagian ini merupakan mesin dalam pembentukan baja ringan. Mesin ini berupa peralatan stasioner ataupun portable. Bagian ini membentuk koil menjadi panel yang siap dipasang pada rangka atap.

  1. Underlayment

Bagian ini menjadi yang tak boleh dilewatkan. Pasalnya, bagian ini adalah lembaran yang akan memberikan perlindungan dari suhu tinggi, air, ataupun kelembaban. Bagian ini biasanya dipasang secara mekanis untuk memberikan sentuhan melekat secara sempurna.

  1. Clips

Aksesori ini digunakan pada saat melakukan pemasangan atap baja ke atap. Letaknya di bagian lembaran bawah dan kemudian menempel pada rangka dan berfungsi untuk mengencangkan.

Pemasangan atap baja ringan memang membutuhkan beberapa komponen yang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Pasalnya, kekurangan satu komponen saja dapat menyebabkan kesalahan pemasangan hingga menghasilkan baja yang tak awet digunakan.

Sehingga penting untuk meneliti kembali masing-masing komponen sebelum penggunaan baja ringan agar hasilnya tak mengecewakan.