Dampak Pencemaran Tanah yang Sangat Berbahaya Bagi Lingkungan

Tanah adalah salah satu unsur penting di bumi kita ini. Karena kita pun hidup dari tanah dan mati pun nantinya akan kembali ke tanah.

Banyak sekali sumber makanan bagi semua makhluk hidup di dunia ini yang berasal dari tanah. Manusia, hewan, hingga tumbuhan, pasti membutuhkan yang namanya tanah sebagai sumber makanan bagi dirinya.

Namun apa yang terjadi apabila tanah rusak atau dirusak? Jelas akan banyak dampak buruk yang akan timbul. Begitupun yang terjadi hari ini, dimana keberadaan sampah yang belum terkendali secara maksimal membuat tanah ikut menjadi korban atas semua zat – zat berbahaya yang ditimbulkan oleh sampah tersebut.

Contoh apabila sampah anorganik dibuang ke tanah atau bukan kedalam tempat sampah stainless, maka mikroorganisme tidak akan pernah bisa untuk mengurainya sehingga oksigen pun lebih sulit terserap oleh tanah.

Tanda jika tanah sudah tercemar oleh zat asing yang berbahaya adalah menurunnya kesuburan tanah bahkan ada tanah yang tidak bisa ditumbuhi oleh tanaman.

Selain tanah nya yang rusak, kandungan air didalamnya juga akan ikut terkontaminasi. Dengan begitu ketika air ini digunakan oleh hewan dan manusia, pasti malah akan menimbulkan penyakit.

Makanya kita tidak boleh untuk menyepelekan hal seperti ini. Karena dampaknya adalah sampai ke masa depan sampai kepada anak cucu kita nanti.

Coba perhatikan lagi, berapa banyak limbah rumah tangga yang kita buang setiap hari ke tanah? Berapa banyak detergen yang kita buang ke saluran air sehingga terserap oleh tanah?

Pasti sudah banyak sekali bukan? Makanya tak heran kini unsur alami pun banyak yang terkontaminasi oleh zat kimia berbahaya.

Jangan heran juga kenapa saat ini penyakit manusia semakin bermacam – macam dan terkesan menyeramkan seperti kanker, tumor, penyumbatan, dll.

Tentu jika dilihat dari siklusnya, bisa saja hal ini berawal dari makanan yang dimakan yang makanan tersebut berasal dari alam seperti buah misalnya. Namun buah tersebut sudah terkena zat kimia berbahaya seperti pestisida misalnya.

Nah maka dari itu, kita pun perlu memperhatikan lingkungan. Karena siklus alam ini berputar, dimana ketika kita mencemari lingkungan, pasti dampak buruknya pun akan kembali kepada kita.