Ciri-ciri Kambing Sehat Untuk Catering Aqiqah

Ciri-ciri-Kambing-Sehat-Untuk-Catering-Aqiqah

Proses aqiqah adalah dimana kedua orang tua yang baru memiliki bayi, melangsungkan acara syukuran dengan menyembelih kambing.

Bagi anak lelaki diwajibkan untuk menyembelih dua ekor kambing dan bagi anak perempuan diwajibkan untuk menyembelih satu ekor saja. Namun, apakah kambing yang dipilih untuk catering aqiqah depok benar-benar sehat?

Tentu tidak mungkin kita menyuguhkan kambing untuk catering aqiqah tanpa memperhatikan ketentuan atau syarat dalam Islam.

Syarat-syarat ini harus diperhatikan dengan seksama, agar tidak menyalahi aturan yang ada. Lalu, bagaimanakah ciri-ciri kambing yang sehat sesuai syariat Islam untuk aqiqah?

Syarat Kambing Untuk Catering Aqiqah:

Jika sudah memilih salah satu jasa catering untuk aqiqah, berarti kita telah mempercayai semuanya kepada sang penyedia jasa.

Namun, jangan sampai sudah terlalu percaya tetapi tidak turut serta dalam proses memilih kambing. Nah ciri-ciri kambing sehat untuk catering aqiqah adalah sebagai berikut:

  1. Usia domba dan kambing

Sama halnya dengan usia kambing yang akan digunakan untuk qurban, usia domba untuk catering aqiqah adalah satu tahun atau satu tahun kurang sedikit.

Sedangkan untuk usia kambing aqiqah adalah dianjurkan sudah memasuki usia dua tahun sampai dengan tiga tahun.

  1. Fisik yang sehat

Telitilah saat membeli hewan untuk aqiqah ya, jangan sampai hewan yang dipilih sedang dalam keadaan tidak sehat. Ciri-ciri kambing yang sehat adalah lincah, wajah yang cerah dan tidak pucat, nafsu makan bagus, bulu bersih dan mengkilap, tidak ada kudis, semua lubang dalam keadaan bersih, dan suhunya adalah 37 derajat.

Jika salah satu saja terdapat pada kambing yang hendak dipilih, bisa menggantinya dengan kambing lain yang lebih sehat.

  1. Jenis kelamin

Kambing yang hendak disembelih boleh berjenis kelamin jantan ataupun betina, tetapi memang dianjurkan dalam sunnah adalah jantan.

Setelah mengetahui ciri-ciri kambing sehat untuk catering aqiqah di atas sudahkah siap melangsungkan prosesi aqiqah?