Budidaya Kurma Tropis Thailand yang Menguntungkan

By | March 9, 2018

buah-kurma-muda-enakBanyak orang bilang kurma hanya dapat tumbuh di kebun gurun, tapi pernahkah anda melihat kebun kurma tumbuh dan dibudidayakan di daerah tropis? Indonesia dan Thailand merupakan negara yang mulai mengembangkan kurma di negaranya.

Walaupun Thailand sudah mulai duluan, dan berhasil dengan buah kurma yang dapat diekspor ke negara lain. Pohon kurma di Thailand dirawat dengan sederhana dan mereka dapat memetik buahnya pada usia pohon 3 tahun, waktu tersebut merupakan waktu yang sangat muda bagi pohon yang masih kerabat aren ini.

Perkebunan kurma tropis thailand tidak pernah sepi jumlah pengunjungnya, walaupun harga dari buah kurma dibandrol dengan Rp.200.000 per kg, namun tetap saja pengunjung tidak pernah sepi. Bahkan ada yang sampai memesan sebelum panen buah kurma dilakukan.

Bagaimana kalau perkebunan kurma berkembang pula di Indonesia? Sepertinya, akan menjadi komoditas yang sangat komersial, apalagi mengingat masyarakat kita banyak yang menyukai buah ini.

Kurma tropis thailand merupakan nama kultivar kurma hibrida yaitu KL-1 yang penemunya merupakan orang Thailand yang sudah lama meneliti buah kurma. Hingga ia dapat menciptakan kurma yang dapat tumbuh, dan berbuah manis di negara tropis dengan waktu yang cepat. KL-1 sudah mulai diperdagangkan di Indonesia namun belum banyak yang menjualnya dan belum tersebar ke seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Andaikan kurma tropis thailand dapat pula menjadi kurma tropis Indonesia, banyaknya keuntungan dengan berkebun pohon kurma dan kavling kampung kurma. Selain memberi manfaat, menanam pohon kurma tidak memiliki perawatan yang sulit, bahkan cenderung sederhana. Bagi anda yang ingin mencoba pengembangkan proyek perkebunan kurma di Indonesia dapat berkonsultasi kepada PT Kampung Kurma.

PT Kampung Kurma dapat membantu anda dengan memberikan berbagai macam jalan keluar untuk budidaya kurma. Pohon kurma dapat menjadi komoditas perkebunan pesaing dari komoditas yang sebelumnya pernah ada, seperti sawit dan kopi. Namun, hal ini perlu dukungan dari pemerintah dan para pihak yang ingin berinvestasi perkebunan kurma.